Skip navigation

Psikologi…hmmmm…apa yah??

Selama ini yang kutahu dari psikologi tu… yah ilmu – ilmu tentang kejiwaan gitu deh… tapi setelah aku masuk fakultas psikologi… Pengetahuanku pun semakin bertambah. Bukan hanya mempelajari ilmu kejiwaan, psikologi ternyata juga mempelajari tentang karakteristik manusia, perilaku manusia,  perkembangan anak, remaja sampai orang tua pun dibahas, masalah seks!!!waooo… jangan ngeres dulu de h!! ):-o.. disini tuh kita diajari tentang pemasalahan seks yang ada di sekeliling kita dan bagaimana cara untuk mengatasinya.. yahh gitu dee pokoknya^^… Truz kita juga diajari hal tentang mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan ini juga,Bozz!… Keren g tuh!^^… Aku pun baru sadar ternyata dalam kehidupan ini, semua masalah tidak harus diselesaiin dengan pertengkaran,bozz!.. Sabar.. Sabar.. Pake beberapa jurus maut ala ilmu psikologi pun.. Smua masalah  teratasi..Fiuuhhh..he2 😀

Eh bozz!! mao tao g salah satu bapak Psikologi kita yang terkenal??.. Sabar..Sabar.. nih aku kasih liat de profilnya..Check this out!!^_-…

Wilhelm Wundt
(1832 – 1920)

Wilhelm Wundt dilahirkan di Neckarau pada tanggal 18 Agustus 1832 dan wafat di Leipzig pada tanggal 31 Agustus 1920. Wilhelm Wundt seringkali dianggap sebagai bapak psikologi modern berkat jasanya mendirikan laboratorium psikologi pertama kali di Leipzig. Ia mula-mula dikenal sebagai seorang sosiolog, dokter, filsuf dan ahli hukum. Gelar kesarjanaan yang dimilikinya adalah dari bidang hukum dan kedokteran. Ia dikenal sebagai seorang ilmuwan yang banyak melakukan penelitian, termasuk penelitian tentang proses sensory (suatu proses yang dikelola oleh panca indera).

Pada tahun 1875 ia pindah ke Leipzig, Jerman, dan pada tahun 1879 ia dan murid-muridnya mendirikan laboratorium psikologi untuk pertama kalinya di kota tersebut. Berdirinya laboratorium psikologi inilah yang dianggap sebagai titik tolak berdirinya psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang terpisah dari ilmu-ilmu induknya (Ilmu Filsafat & Ilmu Faal). Sebelum tahun 1879 memang orang sudah mengenal psikologi, tetapi belum ada orang yang menyebut dirinya sarjana psikologi. Sarjana-sarjana yang mempelajari psikologi umumnya adalah para filsuf, ahli ilmu faal atau dokter. Wundt sendiri asalnya adalah seorang dokter, tetapi dengan berdirinya laboratorium psikologinya, ia tidak lagi disebut sebagai dokter atau ahli ilmu faal, karena ia mengadakan eksperimen-eksperimen dalam bidang psikologi di laboratoriumnya.

Wundt mengabdikan diri selama 46 tahun sisa hidupnya untuk melatih para psikolog dan menulis lebih dari 54.000 halaman laporan penelitian dan teori. Buku-buku yang pernah ditulisnya antara lain: “Beitrage Zur Theorie Der Sines Wahrnemung” (Persepsi yang dipengaruhi kesadaran, 1862), “Grund zuge der Physiologischen Psychologie” (Dasar fisiologis dari gejala-gejala psikologi, 1873) dan “Physiologische Psychologie”.

Gimana?? cukup?? apakah anda semua terpuaskan..huehehehehe^o^

Yeahh.. That’s all i know about Psychology.. Next time, i promise to you all.. If i found something new about  psychology..  i’ll give all information that i have. okay!!!^^

C_U

God Bless U All

One Comment

    • Vina
    • Posted September 8, 2008 at 2:44 pm
    • Permalink

    galih, punyamu sudah bagus..
    kalo bisa, tambahin foto-foto ato gambar2 yang laennya donk..sama kamu juga bisa masukin lagu fave kamu..
    Ciayo ya!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: